Rabu, 01 Agustus 2018

Posted by irwan maulidi On Agustus 01, 2018
VISI
Penyusunan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Desa lebeng Barat sebagai pedoman kerja Pemerintah Desa bersama lembaga-lembaga  tingkat desa dan seluruh warga masyarakat Desa Lebeng Barat maupun para pihak yang berkepentingan. RPJM Desa sebagai pedoman program kerja untuk masa lima tahun merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa depan oleh segenap warga masyarakat desa Lebeng Barat. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Lebeng Barat, merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita masa depan desa Lebeng Barat disebut juga sebagai Visi Desa Lebeng Barat.

Visi Desa Lebeng Barat disusun dari rangkaian panjang diskusi-diskusi formal maupun informal dengan segenap warga Desa Lebeng Barat atau tokoh-tokoh masyarakat sebagai representasi dari warga masyarakat Desa Lebeng Barat. Visi Desa Lebeng Barat semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rakaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk menyusun RPJM Desa tahun 2010-2016. Dalam kegiatan ini, semakin mendekatkan visi Desa Lebeng Barat dengan kenyataan yang ada di desa dan masyarakat. Kenyataan yang dimaksud baik merupakan potensi, permasalahan maupun hambatan yang ada di desa dan masyarakatnya, yang ada saat ini maupun kedepan.
Bersamaan dengan penetapan RPJM Desa Lebeng Barat, dirumuskan dan ditetapkan juga Visi Desa Lebeng Barat sebagai berikut:

"Terwujudnya Desa Lebeng Barat Yang Maju, Damai, Tentram, Makmur dan Sejahtera".

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa cita-cita yang akan dituju dimasa mendatang oleh segenap warga Desa Lebeng Barat.



MISI

Misi Desa Lebeng Barat merupakan turunan dari Visi Desa Lebeng Barat. Misi merupakan tujuan jangka pendek dari Visi yang menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Lebeng Barat merupakan penjabaran lebih operasional dari visi. Penjabaran  dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai visi Desa Lebeng Barat.

Dalam meraih visi Desa Lebeng Barat seperti yang sudah dijabarkan diatas dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Lebeng Barat diantaranya:
a. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia atas dasar iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Membangun tata pemerintahan desa yang baik, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi (economic growl) masyarakat.
c. Menumbuh kembangkan potensi masyarakat (Sumber Daya Manusia).
d. Menjamin dan mendorong usaha-usaha untuk terciptanya pembangunan di segala bidang yang berwawasan lingkungan, sehingga usaha-usaha pembangunan berkelanjutan dan lebih terarah serta bermanfaat.
e. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak (Birokrasi, Akademisi, Partisipan).
f. Mewujudkan tatanan masyarakat yang demokratis, transparan, dan akuntabel.
g. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan optimalisasi dalam pemanfaatan sumber daya alam.
h. Mengembangkan solidartas antar tokoh masyarakat dan semua komponen masyarakat untuk membangun desa yang berlandaskan moral serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar